Info Si Karet Bundar


Info Si Karet Bundar
Jika Anda pemilik kendaraan, entah itu kendaraan roda dua, tiga, empat
ataupun lebih dari empat, info Roda pada Senin (24/03) tentu bemanfaat.
Sebab info seputar Si Karet Bundar yang lazim dikenal dengan nama Ban,
dikupas habis. Ada beberapa tips yang hadir mengenai cara untuk merawat Ban
agar
tetap nyaman dan juga tahan lama. Tips tersebut adalah :
1. Ukuran ban dan corak telapak ban harus sesuai. Minimal pada satu as memiliki merek serta
ciri khas yang sama.
2. Gunakanlah Ban dengan kontruksi yang sama (misal : dari bahan Polyester atau baja).
3. Ban Tubles harus dipasang pada pelek yang khusus untuk ban tubles. Begitu pula
sebaliknya. Karena jenis ban yang menggunakan ban dalam tetapi menggunakan pelek
tubeles, akan mengakibatkan berkurangnya tekanan angin. Sementara apabila Anda
memilih untuk menggunakan ban jenis tubles, jangan memaksa untuk menggunakan ban
dalam. Sebab pada kecepatan tinggi panas udara dalam ban akan cepat naik dan efeknya
Si karet bundar setiap saat mudah meledak.
4. Pemasangan ban dalam harus disesuaikan dengan jenisnya dengan ban luar. Dan apabila
memungkinkan gunakan ban dalam yang semerek dengan ban luar.
5. Perhatikan pula kondisi Ban yang Anda gunakan pada kendaraan Anda.
Caranya untuk dapat mengenali kondisi si Karet bundar begitu mudah. Kenali Si Karet
Bundar dengan melihat petunjuk TWI (Thread Wear Indocator). Jadikan angka ukuran
pada TWI sebagai patokan. Sesudahnya, coba Anda ukur dengan penggaris ketebalan
alur ban dari dasar alur. Jika kurang dari 2 mm sebaiknya Anda segera ganti ban
Anda dengan yang baru.
Tips diatas, tentunya bermanfaat bagi Anda. Namun tentu ada diantara Anda yang
kurang begitu memahami karakteristik ban yang di jual di pasaran. Amat mudah
untuk mengenali jenis ban yang Anda gunakan. Coba Anda perhatikan sisi ban. Pada setiap jenis
ban akan tertulis sejumlah angkat atau huruf yang sebenarnya telah menjelaskan secara mendetil
karakteristik ban. Misalnya, pada sebuah ban tertulis 195/65R15 92H.
Apa yang tertera di samping ban dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Angka 195 merupakan petunjuk lebar penampang ban. Semakin besar ukuran
penampang ban, semakin besar pula telapak ban.
2. Angka 65 R merupakan petunjuk mengenai ketinggian ban diukur mulai dari
pelek hingga penampang ban yang menempel pada jalan. Semakin besar
angkanya maka semakin tebal pula dinding ban jika dilihat dari samping luar
(jika diukur dari pelek).
3. Angka 92 H menunjukkan kecepatan minimum dan juga maksimum ban.
Semakin besar tingkatakn angka yang ditunjukan maka semakin besar pula
kekuatan ban terhadap kecepatan tertentu.
Untuk angka terakhir yang disebutkan ada sedikit penjelasannya. Dalam dunia Si Karet Bundar,
pihak produsen biasa mencantumkan kode standarisasi kecepatan ban. Ada beberapa klasifikasi
kecepatan yang dicantumkan pada setiap jenis ban, klasifikasi tersebut adalah :
1. TR Ban jenis ini mampu digunakan untuk kecepatan kendaraan sekitar 100 Km/jam.
2. HR Ban jenis ini mampu digunakan untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan 210
Km/jam.
3. VR Ban jenis ini dapat digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada kecepatan 260
km/jam
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
4. ZR kode tersebut menunjukkan bahwa ban jenis ini mampu digunakan pada kendaraan
yang mampu melaju pada keceparan 340 km/jam.
Mana kode ban yang kiranya sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda miliki, silakan Anda
sesuaikan. Hanya saja, Anda perhatikan pula perawatan ban yang Anda gunakan seperti apa yang
dituliskan diatas. Sebab salah-salah ban yang Anda gunakan justru menjadi bumerang dan
berakibat kurang baik.Sebagai infomasi tambahan, bagi Anda yang suka bepergian tak ada
salahnya jika Si Karet Bundar diberi sedikit cairan penambal.
Dengan cairan tersebut, maka dijamin Si Karet Bundar akan aman-aman saja.
Sebab fungsi cairan penambal tersebut yakni merekatkan kembali bagian ban yang
tertusuk benda tajam. Bahkan adad sejumlah bengkel mengatakan bahwa untuk
jenis paku dengan panjang 10 mm yang menusuk pada ban dapat tertahan. Oh ya,
jika Anda merasa takut cairan tersebut akan merusak bagian dalam ban, Anda tak
perlu khawatir.
Justru cairan tersebut melindungi bagian dalam ban sekaligus melindugi pelek
Anda dari goresan. Cara membersihkannya pun terbilang mudah, Anda tinggal semprotkan air pada
bagian dalam ban, ataupun mengelap bagian dalam pelek dengan lap kering. Mudah bukan ? Nah
informasi yang dikupas habis mengenai dunia seputar Si Karet Bundar diatas kami harap dapat
bermanfaat bagi Anda. Karena maklum, dalam kondisi yang kurang menentu seperti sekarang tips
dan trik berguna jenis apapun pastinya ingin Anda dapatkan. Terutama bagaimana caranya untuk
dapat mempetahankan keawetan ban. Bukan begitu bukan ?...
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Perawatan Pintu Mobil
Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin
keamanan & kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian
pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.
Akibatnya
Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat
mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat
dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa
macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka
pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.
Hal Yang Dilakukan
Tips perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :
1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan
pelumas semprotan.
2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan
pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil
pin.
3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'power
window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang
menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun
dan setelah kering bersihkan dengan lap.
4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang
menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai
regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut
pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali
baut pengimbangnya.
7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya,
lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan
memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci.
Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa
pasang sakelar kembali.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Kendaraan Konstan, Hemat BBM
Anda mungkin sering melihat pengemudi yang kerap memacu kendaraannya
dalam kecepatan tinggi, tentunya dengan alasan agar cepat sampai ke tempat
tujuan? Namun tahukah Anda bahwa kendaraan yang dipacu dalam kecepatan
diatas rata- rata dapat menguras bahan bakar mobil lebih cepat dari
seharusnya, belum lagi resiko kecelakaan yang harus
ditanggung? Untuk mengatasi resiko boros bensin, tim
RODA memberikan beberapa tips yang mungkin
bermanfaat bagi Anda.
Langkah pertama (ini yang cukup sulit, terutama bagi Anda yang memiliki jiwa
pembalap) adalah menjaga supaya laju kendaraan tetap konstan. Setiap kali
hendak pindah gigi, usahakan supaya kisaran RPM mobil berada pada angka
3000-4000 (untuk kendaraan bensin) dan 2500-3500 (untuk yang berbahan bakar solar). Dengan
begitu, bensin/solar yang digunakan sebagai sumber daya tenaga utama untuk menjalankan
kendaraan juga ’dibakar’ dengan jumlah konstan.
Untuk jalanan menanjak, kecepatan dan hal diatas yang terutama harus diperhatikan. Sementara
untuk jalan menurun, pengereman/penggunaan rem juga harus konstan dalam menjaga laju
kendaraan. Rem yang diinjak harus seimbang, dan jaga supaya RPM tidak
melebihi batas yang ditentukan (salah satu caranya adalah dengan
memindahkan persneling). Selain itu, mainkan gigi mobil Anda supaya kecepatan
dan laju RPM konstan.
Langkah terakhir adalah dalam membuka kaca mobil. Sering
kali dalam perjalanan jauh atau dekat (terutama bila mobil
tidak dilengkapi oleh peralatan pendingin), kita membuka
jendela mobil supaya udara sejuk mengalir masuk. Namun jangan salah,
seandainya harus dibuka, usahakan supaya jangan hanya satu melainkan
kedua sisi (kiri dan kanan) jendela yang dibuka. Sebab seandainya Anda hanya
membuka satu sisi saja, maka sirkulasi udara hanya akan berjalan satu arah
(masuk) dan dengan sendirinya akan menghambat kecepatan laju kendaraan.
Otomatis, bahan bakar akan lebih banyak dikuras.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Berkendara Aman dari Tangan Jahil
Situasi Jakarta yang semakin tidak aman membuat para pengemudi harus
ekstra hati- hati saat berkendara. Sebab, tidak jarang terjadi aksi penodongan
atau perampasan yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab
terhadap para pengendara yang lengah, dan hebatnya kerap dilakukan di
tempat- tempat ramai. Oleh karena itu, ada baikny Anda yang sering
berkendara saat menuju ke suatu tempat memperhatikan tips- tips berikut,
yang sebenarnya sangat sederhana.
Sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir,pastikan pintu mobil terkunci semua dan jendela
rapat. Kesalahan ini yang sering dilakukan seseorang saat parkir di sebuah tempat, akibatnya
ketika kembali mobilnya telah raib dan ia hanya biia menyesali nasib. Jangan lupa, meski telah
dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.
Hal kedua adalah jangan pernah membuka kaca mobil kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang.
Memang, suasana yang panas ditambah AC mobil yang kerap mati (atau bahkan tidak dilengkapi
oleh perangkat pendingin udara) membuat seseorang kerap membuka kaca untuk mendapat udara
segar. Sebisa mungkin hindari hal ini, sebab kaca mobil yang terbuka kerap mendorong orang yang
berniat jahat untuk melakukan penodongan. Seandainya tertutup, belum tentu ia berani
melakukannya.
Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil sat keluar, ataupun menaruh barang tersebut
di tempat- tempat yang bisa terlihat dari luar mobil. Hal ini harus diperhatikan terutama untuk
kalangan ibu-ibu, yang kerap menaruh HP atau tas berisi uang di atas jok ataupun dashboard. Hal
ini termasuk penggunaan HP saat berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah. Selain
dapat membahayakan pengendara lainnya (terutama saat melaju), HP adalah barang yang paling
menarik bagi penodong untuk melancarkan aksinya.
Yang terakhir, jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa
digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang,
kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna untuk membela diri Anda
seandainya suatu saat Anda terpaksa harus mempertahankan diri dari
penodong.
Saat berhenti di perempatan yang sering kali rawan, usahakan untuk menjaga
jarak dengan kendaraan depan. Dengan demikian, saat dikepung oleh
penjahat, Anda tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang,
jangan pernah berhenti di tempat sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan
Anda sendiri.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Membersihkan Noda Jok Mobil
Anak adalah buah hati orang tuanya, dan mereka kerap kali dibawa kemanapun
sang ibu pergi (terutama bila berkendaraan). Bepergian tersebut juga
memerlukan persiapan khusus, diantaranya adalah membawa bekal untuk
makan/minum anak, atau pakaian ganti. Untuk balita, satu benda yang tidak
pernah tertinggal adalah botol susu/minuman. Nah, minum susu dalam
perjalanan ini yang kerap menjadi bencana kecil, karena kondisi jalan atau hal
lain, susu sering kali tumpah di atas jok mobil Anda.
Kejadian ini sering kali tidak diambil pusing, namun jangan salah. Mendiamkan noda
susu atau minuman (kecuali air putih) hingga merembes ke dalam jok hanya akan
membuat bau asam atau tidak sedap tercium. Ini dapat menimbulkan jamur dan
menarik perhatian hewan-hewan menjijikkan seperti kecoa masuk ke dalam mobil.
Belum lagi, noda tersebut akan membuat kusam. Untuk mengatasinya, ada kiat-kiat
tertentu yang bisa dilakukan, tentunya dengan meluangkan sedikit waktu Anda.
Ada beberapa alat yang dapat digunakan dan dapat diperoleh
dari sekitar rumah, yaitu sikat besar, sikat gigi, kain serbet, kain putih, sprayer,
air berisi sabun deterjen, dan terakhir vacuum-cleaner. Kemudian perhatikan
tipe jok mobil Anda, ada dua bahan : kulit dan kain, yang masing-masing
memerlukan penanganan berbeda.
Untuk jok kain, yang perlu dicermati adalah sifatnya yang cepat menyerap
air/merembes, sehingga perlu penanganan yang cepat. Sementara untuk yang
jenis kulit akan lebih mudah, mengingat sifatnya yang lambat menyerap air. Selain itu, sebagai
pencegahan kejadian serupa terulang di kemudian hari, ada baiknya bila jok dilapisi oleh cover
setiap kali mengajak buah hati.
Tips
membersikan jok mobil dari noda susu :
1. Bersihkan jok denga mesin penyedot debu.
2. Seprotkan dterjen ke jok mobil.
3. Sikat jok mobil sampai noda hilang.
4. Keringkan dengan menggunakan penyedot debu.
5. Semprotkan pengharum mobil.
6. Gunakan penutup jok untuk menghindari jok mobil dari noda.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?
Sulit di- starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri
bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali
tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah
satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi
di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat
penting). Untuk itu, simak tips- tips berikut ini.
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional
ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda
telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara
manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada
di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di- starter,
pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem
kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem
pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang
lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel
karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada
indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki
bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena
platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah
kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi
dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai,
pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu
memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai
dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang
telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring
sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk
dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi
permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di- starter
adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator
(dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut
filter- nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat
pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak
dinding saringan udara.
Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak,
bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau
platina Anda.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Mobil Terpelihara Meski Jarang Dipakai
Mungkin Anda adalah salah satu dari orang yang sangat sibuk, tugas memaksa
untuk kerap bepergian ke luar kota atau negeri dalam jangka waktu lama. Bila
Anda memiliki mobil pribadi, hal ini harus diperhatikan supaya saat kembali
nanti, kendaraan tidak dalam kondisi terlantar atau mengenaskan. Langkah
pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil sebelum ditinggalkan.
Kemudian, ikuti tips- tips berikut.
1. Posisi rem tangan dibebaskan
Kalau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan
terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang
memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, ada baiknya kunci mobil Anda
biarkan tergantung di kemudi kendaraan Anda. Bila rumah Anda mempunyai pembantu, hal
ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan
tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat
terbuka.
2. Ganjal wiper dengan busa/kayu
Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan
akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang
biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan
untuk membasuh kaca depan mobil Anda.
3. Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak
menempel lantai
Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack.
Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani
oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama
biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa
tidak nyaman.
4. Lepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu
Kenapa? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak
dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih (terutama bila di rumah yang
Anda tinggalkan tidak ada pembantu), hal itu akan berpengaruh ke akinya, yang bisa lebih
cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang setiap hari dipakai.
5. Bila tempat parkir miring, ganjal empat ban anda dengan balok
Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Di tips pertama
disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal
cukup lama, namun bagaiman bila permukaannya miring? Caranya mudah, cukup ganjal
keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya supaya mobil tidak berubah posisi.
6. Taruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover
Pengharum berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin
timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama.
Selain itu, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga
memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil
melalui celah-celah, suatu hal yang tentunya tidak diinginkan
oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli
penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Penggunaan Pernis Supaya Mobil Kinclong
Punya mobil yang kusam? Sekarang Anda tidak usah minder karena sekarang
ini telah banyak tersedia jasa bengkel yang dapat meningkatkan prestise mobil
yang dimiliki dengan pengecatan ulang tanpa biaya yang terlalu mahal.
Dari beberapa cara yang ditempuh, satu yang paling lazim digunakan adalah
satu body. Sebenarnya hal itu tidak perlu, sebab selain biayanya cukup mahal,
juga makan waktu lama. Kini ada solusi yang lebih mudah, cepat dan simpel
untuk memuluskan body, yaitu dengan menggunakan pernis sebagai pelapis.
Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, namun hasilnya sama. Untuk menambah pengetahuan
Anda (sekaligus menghindari tipuan yang biasa dilakukan oleh oknum bengkel yang tidak
bertanggung jawab), berikut langkah-langkahnya.
Langkah pertama adalah menutupi bagian roda dengan koran atau bahan
lainnya supaya cat tidak mengenai bagian ini. Selain itu, tutup juga bagianbagian
lainnya seperti kaca depan dan belakang, spion, atau karet pintu. Bila
ternyata mobil Anda dalam kondisi kusam, maka bagian tersebut harus
diamplas lagi dengan amplas kasar. Tujuannya adalah supaya cat lama
terkikis dan warna asli hampir tidak lagi menempel di badan mobil.
Setelah itu gunakan pengecatan dengan warna pernis
pernis khusus yang bertujuan untuk menampilkan kilap
mobil. Untuk mengeringkannya mobil dimasukkan ke oven dengan suhu sekitar
80 derajat selama kurang-lebih 30 menit. Tujuan penggunaan oven ini adalah
karena tempatnya steril, dan panasnya ideal untuk mengeringkan body mobil
yang baru dicat. Setelah selesai, tugas masih berlanjut dengan membiarkan cat
mobil mengering dan menyatu dengan badan mobil. Jangan salah, meski
nampak sudah kering, itu hanya bagian luarnya saja, untuk lapisan dalam
butuh waktu kira- kira satu hari.
Setelah cat di badan mobil kering sepenuhnya, gunakan amplas halus untuk mengikir butiranbutiran
cat yang (mungkin) mengeras dan membentuk benjolan- benjolan kecil. Setelah itu, barulah
langkah terakhir dilakukan yaitu melakukan pemolesan.
Dengan sisem ini, tanpa pengecatan satu body mobil, kendaraan Anda tetap tampil keren. Boleh
dicoba....
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Membeli dan Memperbaiki Mobil Bekas
Sekarang ini membeli mobil bekas perlu memperhatikan banyak segi. Jangan
sampai Anda ditipu membeli mobil yang ternyata bekas tabrakan atau memiliki
kekurangan-kekurangan lainnya. Yang pertama harus diperiksa adalah kondisi
body mobil, caranya dengan melihat sudut-sudut terutama bagian kap mesin,
bagasi belakang, dan tiang penyangga pintu.
Mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan memiliki bentuk lipatan
sempurna, sebab sehebat-hebatnya montir yang memperbaiki, sulit untuk bisa
menyamai bentuk orisinilnya. Sementara untuk memeriksa apakah warna mobil tersebut masih asli,
tinggal lihat bagian pinggir karet pintu atau kaca. Jangan lupa juga untuk meneliti kelengkapan
surat-surat, supaya kelak tidak menemukan masalah dengan aparat hukum.
Bila sudah mendapat mobil bekas yang Anda inginkan, kini langkah
selanjutnya adalah mempercantik kendaraan tersebut supaya tidak kalah
dengan yang baru. Caranya? Bawa saja ke salon-salon mobil terdekat, atau
simak tips berikut ini.
Salah satu penyakit mobil lama (kecuali pemilik sebelumnya telaten) adalah
bagian dalam mobil yang kotor. Untuk membersihkannya, terutama bagian
jok dan karpet, gunakan vacuum- cleaner. Untuk bahan yang terbuat dari
kulit, gunakan shampoo bayi yang lembut, kemudian bersihkan secara
perlahan jok tersebut dengan menggunakan spons dan air hangat.
Untuk bagian karpet, Anda harus cermati apakah bagian tersebut lembab atau
tidak. Bila jawabannya YA, berarti bagian tersebut harus dibongkar untuk
diperiksa peredamnya. Untuk bahan yang terbuat dari wol, seandainya basah
maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Bila tidak, tinggal jemur
sampai kering.
Pada bagian plafon, gunakan semprotan yang dijual khusus untuk mengangkat
noda yang menempel, kemudian dilap dengan bersih. Lakukan proses ini beberapa kali supaya
mendapat hasil yang maksimal.
Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian body
mobil. Untuk bagian sela-sela pintu, gunakan sikat
pembersih untuk mengangkat kotoran yang menempel.
Bila ingin bagian dashboard mengkilap, gunakan semir dari
bahan khusus yang tidak lengket dan dapat membuatnya
terlihat seperti baru lagi. Gunakan bubuk yang biasa
digunakan salon mobil khusus untuk membersihkan kaca
mobil untuk mendapat hasil sempurna. Taktik yang sama bisa digunakan untuk
membersihkan blok mesin mobil supaya terlihat seperti baru. Gunakan sabun atau pembersih
khusus, bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan semir untuk bagian ini yang dijual di tokotoko.
Yang sedikit sulit adalah memoles bagian body luar mobil supaya mengkilap. Selain harus
menggunakan shampoo khusus mobil, Anda juga perlu mempunyai alat pembersih yang kini sudah
dijual bebas di toko-toko. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi, bukankah untuk mendapat hasil
maksimal perlu sedikit pengorbanan. Siapa tahu, kelak malah Anda yang membuka salon mobil
sendiri...
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Tips Menghadapi Over Heat
Saat asyik berkendaraan terkadang mobil sukar diajak kompromi. Terlebih jika
masalahnya ternyata terletak pada mesin yang "over heat". Dua dintara
penyebab over heat yakni radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin
yang tidak bekerja optimal/ rusak. Untuk kendala kedua yang disebutkan ada
satu tips yang dapat Anda lakukan. Minimal mobil Anda dapat bergerak hingga
mencapai bengkel terdekat.
Tips :
1. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
2. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor
mesin.
3. Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel
ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
4. Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.
Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan
sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat
bergerak menuju bengkel terdekat, Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam
perjalanan.
Apa yang dituliskan diatas merupakan tips yang digunakan bagi kendaraan yang menggunakan
sistem pendingin elektromotor. Dan tentu saja hal itu dapat dilakukan apabila elektormotor tidak
berfungsi dengan baik.
Sementara apabila overheat terjadi akibat radiator yang bekerja kurang optimal. Jangan terburuburu
untuk membuka tutup radiator. Matikan sejenak mesin kendaraan anda dan biarkan radiator
dingin. Setelah dingin, baru buka tutup radiator dan masukkan cairan pendingin ataupun air
secukupnya. Sambil mengisi air kedalam radiator, upayakan agar mesin dalam keadaan hidup.
Selamat mencoba !!
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Merawat Cakram Rem Mobil
Rem adalah salah satu bagian paling vital dalam pengoperasian kendaraan
Anda (mobil misalnya). Keberadaan rem sangat penting untuk memberikan
rasa aman saat penggunaan mobil, namun berfungsinya peranti satu itu sangat
tergantung dengan bagaimana cara kita merawatnya. Kalau perawatan
diabaikan, hampir pasti fungsinya juga tidak optimal.Ujung-ujungnya,
keselamatan kita (dan orang lain) saat berkendara terancam.
Untuk menjaga supaya rem tetap pakem tidak sulit,
asalkan kita tahu bagaimana kiat-kiatnya. Pertama yang harus diperhatikan
adalah bagian disc break dan tromol, dan memeriksa kualitas minyak rem,
saluran rem, dan kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, biasanya harus
diganti atau dibersihkan setelah mobil menempuh 10.000 km. Perhatikan
bagian ini dengan seksama supaya tidak kosong, dan perhatikan perbandingan
antara bagian depan dan belakang (2:1). Bagian depan mendapat porsi lebih
besar sebab paling sering digunakan saat mobil direm.
Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi
baik atau tidak. Caranya, lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc
break dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila
kampas rem kotor, gunakan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya.
Semakin bersih kampas rem, semakin bagus dan kuat fungsinya. Berikan
gemuk/pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak
terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.
Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah
perawatan yang teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usahakan supaya minyak
diganti setiap mencapai 10.000 km, sedangkan untuk kampas biasanya antara 20-25.000 km
(otomatis) dan 40.000 km (manual). Jangan lupa untuk mengecek kondisi minyak rem setiap dua
minggu sekali.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Tips Perbaiki AC
AC dalam sebuah kendaraan roda empat, lambat laun menjadi sebuah
kebutuhan. Dan fungsinya pun sudah tidak bisa dikompromikan lagi.
karenanya jika AC mobil tak berfungsi dengan baik terkadang awak
kendaraan jadi serba salah. Bila kaca dibuka debu dan asap kendaraan
masuk. Sementara jika ditutup, maka rasa pengap akan menyerang.
Nah untuk mengatasi kendala yang disebutkan, ada tips singkat yang kiranya
dapat dilakukan sebagai alternatif sebelum memeriksakan kendaraan
Anda pada tangan ahlinya. Sebelumnya mungkin ada sejumlah gangguan yang dapat timbul hingga
fungsi AC tidak dapat bekerja secara optimal. Gangguan pada AC biasanya dikarenakan saluran
buang evaporator tersumbat dan penyebabnya sendiri yakni :
Saluran karet terimpit atau melintir.
Air buangan akan berbalik naik, ketika saluran penuh air akan meluap dan saluran lepas
dari outlet meski telah dilengkapi klem.
Tersumpal kotoran.
Saluran buang bisa tersumpal lumpur karena ujung saluran ini berada di kolong mobil.
Saluran itu lepas dari pipa outlet evaporator.
Nah untuk mengatasinya adalah sbb :
1. Siapkan obeng kembang (+), lalu buka pilar penutup utama kanan dan kiri yang biasanya
berwarna senada dengan interior.
2. Buka penutup AC kanan dan kiri dengan obeng. Lalu lepas penutup sakelar AC dengan
membuka 2 buah sekrup. Kemudian lepas 8 sekrup pemegang dan 4 penutup saluran
masuk serta saluran buang blower.
3. Buka 13 sekrup tutup blower bagian bawah, lakukan hal ini dengan teliti dan jangan
dipaksa saat mencabutnya.
4. Periksa dan bersihkan tutup itu dengan lap kering. Amati slang yang terjepit, melintir atau
lepas, lalu perbaiki posisinya hingga tak lagi terjadi gangguan.
5. Pastikan kompresor ujung slang bersih dari kotoran. Kemuaidna rangkai kembali semua
komponen dengan teliti.
Nah mudah bukan...? Selamat mencoba
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Membersihkan Jamur dari Kaca Mobil
Kaca mobil adalah salah satu bagian kendaraan yang sangat penting, karena
bisa menjaga kita agar terhindar dari sinar ultra violet atau air hujan yang
kerap muncul pada saat tidak terduga. Tak heran bila bagian ini nyaris selalu
terlihat kotor, namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Kaca yang terlalu lama tidak
dibersihkan akan menjadi kusam dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.
Untuk menghindarinya, bersihkan kaca mobil Anda
dengan teratur dalam jangka waktu tertentu (kalau perlu
setiap hari di musim hujan). Untuk melakukannya tidak perlu ke salon
kecantikan mobil, sebab hanya butuh benda-benda sederhana yang bisa
diperoleh dari dalam rumah seperti sabun mandi cair dan spons pembersih.
Berikut adalah kiat- kiat jitu membersihkan kaca supaya terhindar dari jamur.
Langkah pertama adalah membasuh bagian permukaan kaca yang terkena
noda/kotoran dengan air bersih. Untuk melakukannya, gunakan lap yang tidak berserat sebab
permukaan kasar pada lap berserat bisa membuat kaca Anda yang tadinya mulus jadi tergores dan
meninggalkan bekas. Berikan sabun (biasanya sabun cair yang telah dicampur dengan air) ke
permukaan kaca, kemudian lap sampai busa merata.
Untuk membilasnya, siram air ke permukaan kemudian disusul oleh
pengeringan dengan menggunakan lap. Untuk fase ini, usahakan supaya lap
tidak basah. Dengan demikian, kaca jadi bebas dari noda dan karat. Sebagai
langkah perawatan, hindari memarkir mobil dalam keadaan terjemur langsung
oleh terik matahari karena bisa mempercepat proses timbulnya jamur.
Kemudian, setiap habis bepergian, jangan lupa bersihkan mobil dengan
menggunakan lap atau kemoceng. Dan terakhir, jangan lupa untuk
membersihkan kaca mobil minimal dua minggu sekali (tentunya selain dicuci).
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Tips Mengatasi Mobil Mogok
Sebagai seorang yang mengemudikan mobil, pastinya Anda pernah merasakan
salah satu kejadian paling tidak mengenakkan yang pernah dialami seorang
pengemudi mobil yaitu mogok. Kejadian tersebut pastinya sangat
menyebalkan, terutama bila Anda sedang diburu waktu untuk bisa segera
sampai di suatu tempat. Ditambah kenyataan bahwa Anda kurang paham
mengenai seluk-beluk mesin, komplit sudah penderitaan.
Untuk mengatasinya (terutama bagi Anda yang tidak
mengerti mesin mobil), ada tips-tips singkat yang mungkin bisa dilaksanakan.
Siapa tahu, dengan pengetahuan baru ini, kerusakan yang dialami mobil tidak
parah dan masih bisa diakali supaya bisa jalan sampai ke bengkel terdekat.
Lagipula, Anda tentunya tidak ingin mobil kesayangan (atau mungkin satusatunya)
ditaruh di sebuah tempat yang asing bukan? Berikut kiat-kiatnya
1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada
power/percikan listrik atau tidak.
3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil
siap jalan.
5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol,
masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau
bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor.
Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel
langganan supaya mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat



Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Berikut ini beberapa tips-tips yang dapat anda pakai untuk menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat :

1.Sering2 bersihin muka pake air setiap saat.sebab muka remaja tuh banyak berminyak.minyak yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori2×2 wajah dan akhirnya timbul jerawat.
2.Usahakan sebisa mungkin jangan kena asap kendaraan
3.Usahakan jangan maem makanan yang pedes2
4.Kebanyakan masalah jerawat itu karena alergi sama daging ayam n telur…
5.Kalo berjerawat jangan dipencet2…
kalo dipencet2x biasanya malah ninggalin noda-noda hitam dan bopeng pada wajah…
6.Jangan stress…
7.Sering2 olahraga…
panas tubuh akan membuka pori2 wajah dan mengeluarkan kotoran2 dari pori-pori wajah…
8.Kalo keramas usaha-in shampo jangan sampe kena wajah…
9.Sebelum mandi bersihkan muka pake air hangat dan dibilas
Tips terakhir…ini yang paling ampuh…sebelum kamu tidur (malem or siang),lakukan tips no 10.lalu kasih CALADINE LOTION pada wajah…
usapkan merata…jangan terlalu tebal (kalo terlalu tebal olesannya malah bisa nimbulin jerawat) …jangan terlalu tipis (Caladine ini mengandung bahan astringent untuk meringkas pori-pori wajah)…dan pergi tidur…keesokan harinya langsung bersihkan sampe wajah benar2 bersih…
Caladine lotion dapat dibeli di hampir semua apotek dengan harga sekitar 10000-an (murah banget kan??? mulanya gue gak yakin sih..abis obat ratusan ribu aja gak sanggup nyembuh-in jerawat dan noda di muka gue apalagi obat 10ribu-an…but akhirnya gue tetep coba aja karena gak ada pilihan laen)…berbentuk lotion berwarna pink dengan bau seperti mentol…gambar covernya ibu yang sedang gendong bayi…
Efek pemakaian teratur caladine lotion ini akan terlihat dengan cepat…kamu akan melihat jerawat di wajah kamu akan semakin jarang muncul,pori-pori kulit akan lebih ringkas dan noda-noda hitam akan memudar…serta,kulit wajah terlihat halus dan putih…


Cara Lain

1.Mau tidur , bersihkan muka dengan air hangat, terus olesin caladine merata di wajah. Seujung jari telunjuk (diameter sekitar 1 cm) masing2 di pipi kiri, pipi kanan, kening. Jadi ada 3 bagian.
2. Tidur sekitar 6-8 jam.
3. Bangun tidur bersihkan wajah dengan air hangat. Tapi, biasanya aku cuci muka pake “skin refiner: pore minimizer” dari L’oreal. Gw rasa, pake air hangat aja cukup.
4. Beraktifitas seperti biasa + bersihkan wajah setiap kali keliatan berminyak dan kotor. Biasanya siang dan sore bersihkan lagi, yang penting airnya bersih. Bisa juga pake pembersih muka (kalo aku pake ovale maskulin, soalnya gw cowo)
5. Gak makan telur, indomi, kacang, ayam(sialnya, tapi pengaruh bgt) sangat membantu mencegah jerawat. Aku juga mengurangi makan cabe. (kata dokter, makan cabe menstimulasi jerawat, tapi aku masih makan cabe, makanya kadang-kadang suka timbul jerawat, walau sangat jarang).
6. Kalo aku naik motor, pake helm yang tertutup.
7. Bersihin muka sebisanya pake air bersih, pake ledeng gak kusaranin ,kalo aku malah rela pake air kemasan (aqua galon), biar efektif.
8. Ditambah saran-saran mas fimana sebelumnya (olah-raga, dll, kayaknya bisa menolong, tapi aku jarang olah raga nih.)

Sebenarnya banyak sih obat yang lebih ampuh dan lebih cepat, tapi ya gitu deh. Ada uang ada barang. Barangnya bagus biasanya harganya juga pasti mahal.
Coba aja obat-obat dibawah ini :
pertama, untuk ilangin jerawatnya pake produk yang namanya Blemish Control. Terus kulitnya diperiksa juga, minyaknya banyak atau tidak. Jika banyak, mungkin aja jerawatnya muncul terus karena mukanya banyak minyaknya, untuk mengontrol minyak, bisa pakai produk yang namanya Clarifying Daily Skin Care System (ada pembersih, penyegar dan pelembab). Jangan lupa jaga makannya kalo kulit model begini. Soalnya makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.
kedua, untuk ilangin bercak2 hitam, pakai yg namanya pure white spot treatment
ketiga, untuk ilangin bopeng2, pakai yg namanya AHA body refiner moisturiser
Atau kalo tidak konsultasi aja ke tempat-tempat perawatan kulit dan wajah. Banyak kok itu.

Sekedar tips dan informasi mengenai acne nih…
sebenarnya yang membuat acne sendiri adalah bermacam-macam,
1.kelenjar sebum yang terletak pada pangkal rambut yang produksinya berlebihan akibat berlebihnya hormon androgen
2.pergantian lapisan kulit yang terlalu cepat kemudian menumpuk akan menimbulkan penyumbatan
3.bakteri/flora normal kulit itu sendiri yang berubah menjadi ganas dan menyerang kulit kita
4.stres juga dapat memicu jerawat..
5.genetik, mungkin ada yang papa/mamanya dulu juga jerawatan
oleh karena itu, kita harus menanggulangi penyebab-penyebab tersebut
1.cuci muka sehari cukup 2-3 kali, karena kalau kulit terlalu kering, akibatnya kulit juga akan mengkompensasi dengan mengeluarkan minyak/sebum lebih banyak
2.bagi yang udah berjerawat, mungkin selalu merasa jerawatnya bertambah banyak, ini wajar aja karena akan timbul stres dan itu memacu hormon, akibatnya hormon tersebut menimbulkan lagi acne
3.jangan dipencet/dipegang/digaruk/dsb, itu akan memacu peradangan yang lebih hebat, merusak struktur kulit sehingga kuman akan lebih mudah masuk lagi
4.istirahat yang cukup
5.minum air sebanyak mungkin, kalau bisa sehari minimal 2 1/2 lt - 3 lt
6. Makanan tidak ada hubungannya dengan jerawat! kalaupun ada itu karena orang tersebut sensitif
7. kalau merasa sudah parah mendingan ke dokter spesialis kulit aja, dan jangan suka pindah-pindah dokter, karena memang penanganan untuk jerawat cukup lama, butuh kesabaran, hasil yang di peroleh juga tidak bisa cepat.
8.dibiasain pake toner setelah cuci muka agar lemak-lemak yang tidak larut dengan sabun akan terbawa dengan toner tersebut
9.dll

Untuk pengobatannya biasa dipakai:
1. Benzoyl Peroxide sebagai pengobatan topikal dengan efek anti bakteri
2. salisilat 2% untuk memacu kulit meregenerasi
3. antibiotik minum : doxycycline/ clindamycin
4. retinoid topikal
5. isotretionin dengan efek menormalkan regenerasi kulit yang berlebih, menekan produksi sebum yang berlebih, secara tidak langsung mematikan bakteri. Obat yang satu ini adalah pilihan terakhir bagi penderita acne yang parah. Efek sampingnya juga berbahaya, lebih baik konsul dulu ke dokter, bisa berupa kering di wajah, mata, bibir, terutama pada wanita yang ingin mempunyai anak pada waktu dekat sekitar 1 bulan tidak DIPERBOLEHKAN menggunakan, karena akan menyebabkan cacat janin.
harganya pun juga mahal, yang paling murah 1 pilnya Rp 8,000,- sedangkan penggunaan obat ini bisa sampai 4-6 bulan, sehari diminum 1 pil. Tapi memang terbukti sangat efektif

Tips cara menghilangkan noda bekas jerawat dan flek hitam


Tips cara menghilangkan noda bekas jerawat dan flek hitam

Tips cara menghilangkan noda bekas jerawat ini ada 8 cara yang mungkin sesuai untuk anda.. Silahkan dicoba.

1. Ambil sedikit asam jawa + beberapa cm kunyit. Kunyit di tumbuk, campurkan dengan asam jawa dan sedikit air. Setelah rata, oleskan sebagai masker ke muka. Biarkan selama 20 menit. setelah itu cuci bersih.

2. Campurkan air jeruk nipis (lebih bagus yang lokal) dengan 1 sendok minyak masak. Oleskan ke seluruh muka sebelum tidur. Paginya, ambil asam gelugur (asam jawa juga boleh) dan rendam dalam air panas. Setelah air menjadi hangat (suam2 kuku). Basuhlah air tersebut ke muka kita, asamnya di gosok-gosokkan ke tempat2 yang berjerawat or yang berparut. Beberapa menit kemudian, basuh dengan air biasa.

3. Campur bedak dingin dengan garam dan air asam jawa. Sapukan ke muka dan di tempat berjerawat.

4. Bersihkan muka. Cuci dengan air kelapa tua. Setelah kering sendiri, bilas dengan air bersih.

5. Ambil sedikit kanji nasi. Sapukan ke jerawat, dan biarkan kering di muka. Cuci dengan air hangat.

6. Basuh muka dengan air basuhan beras. Setelah kering, cuci dengan air bersih.

7. Putih telur + 1 sedok tepung jagung + minyak zaitun. Ketiganya, aduk secara rata. Gunakan sebagai masker.
8. Larutkan tepung kanji dengan air. Oleskan di sekitar tempat yang


Cowok Juga Perlu Merawat Wajah Lho…



Cowok Juga Perlu Merawat Wajah Lho…

Nggak cuma cewek, kaum cowok tentu juga pengen punya wajah mulus dan baby face. Dan tentunya juga bebas dari jerawat.
Nah, kalo kamu termasuk cowok yang peduli dengan kebersihan dan kesehatan kulit wajah, tips berikut ini bisa untuk merawat kulit wajah, mencegah dan menghilangkan jerawat:

1. Untuk menghindari jerawat sebaiknya kamu sering-sering membersihkan wajah memakai air bersih. Karena wajah remaja lebih banyak mengandung minyak yang jika tidak dibersihkan maka akan menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya menyebabkan timbunya jerawat. Bersihkan wajah minimal 3 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah yang lembut.

2.Hindari kotoran atau polusi yang didapat selama berkendara. Misalnya saat mengendarai sepeda motor. Usahakan sebisa mungkin jangan kena asap kendaraan Pakailah helm tertutup atau penutup wajah saat mengendarai sepeda motor.

3.Hindari stres. Sebab, stres konon penyebab utama jerawat bagi remaja.

4.Selalu perhatikan kebiasaan makan, dan makanan yang dikonsumsi. Jika ada alergi, misalnya yang disebabkan oleh makanan berlemak ataupun telur, yang biasanya menyebabkan jerawat, usahakan segera menghindari makanan tersebut. Kurangi makanan berminyak dan pedas kalau jerawat lagi banyak-banyaknya.

5. Nah untuk menghindari jerawat, poin 1-4 sepertinya bisa cukup membantu. Namun bagaimana kalo kamu lagi diserang jerawat. Sebaiknya hindari memencet jerawat. Sebab inilah sebab utama yang membuat wajah penuh bercak bekas jerawat.

6.Berolahraga. Kenapa? Karena dengan olahraga suhu tubuh akan menjadi panas, dan suhu tubuh yang panas ini akan membuka pori-pori tubuh dan wajah sehingga dapat lebih mudah mengeluarkan kotoran di pori-pori wajah. Yang pada akhirnya akan menghindarkan kamu dari gangguan jerawat.

7.Sebelum mandi bersihkan muka pake air hangat dan dibilas. Namun, ingat! Jangan pakai air panas. Air panas dapat memecahkan pori-pori wajah. Begitupula dengan cara pembersihan yang kasar pada bagian yang isi jerawat. Sebaiknya dirawat dengan halus, dengan lap basah yang hangat. Sehingga tidak menimbulkan bekas luka atau jerawat yang akhirnya menyebabkabn bopeng pada wajah.(dri) Cowok Juga Perlu Merawat Wajah Lho…

Nggak cuma cewek, kaum cowok tentu juga pengen punya wajah mulus dan baby face. Dan tentunya juga bebas dari jerawat.
Nah, kalo kamu termasuk cowok yang peduli dengan kebersihan dan kesehatan kulit wajah, tips berikut ini bisa untuk merawat kulit wajah, mencegah dan menghilangkan jerawat:

1. Untuk menghindari jerawat sebaiknya kamu sering-sering membersihkan wajah memakai air bersih. Karena wajah remaja lebih banyak mengandung minyak yang jika tidak dibersihkan maka akan menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya menyebabkan timbunya jerawat. Bersihkan wajah minimal 3 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah yang lembut.

2.Hindari kotoran atau polusi yang didapat selama berkendara. Misalnya saat mengendarai sepeda motor. Usahakan sebisa mungkin jangan kena asap kendaraan Pakailah helm tertutup atau penutup wajah saat mengendarai sepeda motor.

3.Hindari stres. Sebab, stres konon penyebab utama jerawat bagi remaja.

4.Selalu perhatikan kebiasaan makan, dan makanan yang dikonsumsi. Jika ada alergi, misalnya yang disebabkan oleh makanan berlemak ataupun telur, yang biasanya menyebabkan jerawat, usahakan segera menghindari makanan tersebut. Kurangi makanan berminyak dan pedas kalau jerawat lagi banyak-banyaknya.

5. Nah untuk menghindari jerawat, poin 1-4 sepertinya bisa cukup membantu. Namun bagaimana kalo kamu lagi diserang jerawat. Sebaiknya hindari memencet jerawat. Sebab inilah sebab utama yang membuat wajah penuh bercak bekas jerawat.

6.Berolahraga. Kenapa? Karena dengan olahraga suhu tubuh akan menjadi panas, dan suhu tubuh yang panas ini akan membuka pori-pori tubuh dan wajah sehingga dapat lebih mudah mengeluarkan kotoran di pori-pori wajah. Yang pada akhirnya akan menghindarkan kamu dari gangguan jerawat.

7.Sebelum mandi bersihkan muka pake air hangat dan dibilas. Namun, ingat! Jangan pakai air panas. Air panas dapat memecahkan pori-pori wajah. Begitupula dengan cara pembersihan yang kasar pada bagian yang isi jerawat. Sebaiknya dirawat dengan halus, dengan lap basah yang hangat. Sehingga tidak menimbulkan bekas luka atau jerawat yang akhirnya menyebabkabn bopeng pada wajah.(dri)

BUANG SAMPAH SEMBARANGAN



BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
nanti kLo qTa naiK sepeda……..
Qmu pegangan sMa aQ ya…??
aQ tkut kmU jtuh…..
nNti di sangka nya….aQ….
BUANX SAMPAH SEMBARANGAN…………


ada badai menghadang…



ada badai menghadang…
gempa mengguncang…
halilintar menyambar…
tsunami menyerang…
sblm semuanya trlambat..
q mo bilang sesuatu ma kamu..
q mo bilang…
lari goblok…
malah baca sms

5 fakta d dunia…



5 fakta d dunia…
5 fakta d dunia…
fakta 1:
kamu ngga bisa menyentuh semua gigimu dengan lidahmu.
fakta 2:
setelah membaca fakta 1,semua orang bodoh mencobanya,,
fakta 3:
fakta 1 ternyata salah,,
hahahaha…
fakta 4:
sekarang kamu tertawa karena merasa sdah menjadi orang bodoh,,!
fakta 5:
kamu juga mw membodohi temanmu dengan mengirimkan sms ini padanya,..

ALsan CICak TErjatuh


ALsan CICak TErjatuh
ALsan CICak
TErjatuh :..
1.TERpeleset

2.KAkix g’ nempel tembok

3.T3rpeSONa mlihat
wajah mu…
CIE… ciE…di Tksir cicak

Apa untuk Jihad di Sana Ada yang Mencari Jalan ?



Apa untuk Jihad di Sana Ada yang Mencari Jalan ?

Bagi setiap musibah ada penghibur yang meringankannya
Tapi bagi yang menimpa Islam tiada penghiburnya
Sampai semua mihrob menangis padahal ia benda mati
Bahkan seluruh mimbar merintih sedangkan ia kayu jati
Seorang `Abid yang tunduk kepada Alloh lagi penuh kekhusyu`an
Sedang air mata dari kedua pipinya bercucuran
Kini masjid-masjid telah menjadi gereja di waktu maghrib
Tidak ada di dalamnya selain lonceng dan kayu salib
Itulah musibah melupakan apa yang telah lalu
Dan tidak mungkin lupa walau waktu telah lama berlalu…
Wahai para penunggang kuda yang kurus kelelahan
Seolah ia burung penyambar dalam bidang pacuan
Wahai para penyandang pedang India yang tajam
Seolah ia bara api di kegelapan malam yang kelam
Wahai orang-orang bercengkrama di belakang sungai karena gembira
Di negerinya mereka memiliki kejayaan dan kuasa…
Apa kalian telah mengetahui berita tentang Islam sekarang
Sungguh para pengendara telah berjalan dengan berita mereka
Sungguh banyak para tokoh meminta bantuan
Sedang mereka tawanan dan terbunuh
Namun tidak bergeming satupun manusia
Kenapa saling memutus dalam Islam di antara kalian
Sedang kalian wahai hamba-hamba Alloh adalah Saudara
Apa tidak ada jiwa-jiwa besar yang memiliki cita-cita
Apa terhadap kebaikan ini ada penolong dan pembela…
Hai orang-orang yang untuk membela suatu kaum telah terpecah banyak golongan
Yang karenanya mereka diserang kekafiran dan kedurjanaan
Kemarin mereka raja-raja di istana mereka
Sekarang dalam belenggu kekafiran mereka menjadi sahaya
Andai engkau melihat mereka bingung tiada penunjuk jalan
Berbagai pakaian kehinaan mereka telah rasakan
Andai engkau lihat tangisan mereka saat diperjual-belikan
Tentu engkau terperangah dan diliputi kepedihan…
Ya Robb, bayi dan sang ibu telah dipisahkan
Sebagaimana ruh telah dijauhkan dari badan
Sang puteri yang tak pernah dilihat matahari dengan terbuka
Seolah ia berlian dan batu permata
Kini digiring si bule sebagai budak seraya dihinakan
Matanya menangis dan hati penuh keheranan
Untuk seperti ini hati luluh karena kesedihan
Andai di hati ini ada Islam dan keimanan
Apa untuk Jihad disana ada yang mencari jalan…
Sungguh surga peristirahatan telah penuh dengan hiasan
Bidadari dan para pelayan telah menengok dari kamar-kamar
Mendapatkan kebaikan ini demi Alloh mereka para pendekar
Kemudian sholawat kepada Al-Mukhtar dari Alloh semoga di limpahkan
Sepanjang angin berhembus dan berguncang dahan pepohonan…


7 langkah praktis untuk memanfaatkan FaceBook



Berikut ini akan saya ungkapkan 7 langkah praktis untuk memanfaatkan FaceBook agar memberikan manfaat lainnya yaitu memberikan uang tambahan untuk anda namun tanpa perlu mengeluarkan modal se-senpun alias gratis.
LANGKAH 1
Gabung bersama group ini dengan mengklik "JOIN THIS GROUP" yang berada disebelah kanan ===>.
Lalu undang semua teman-teman anda dengan mengklik "INVITE PEOPLE TO JOIN" yang berada disebelah kanan ini ===>
(pastikan anda benar-benar bergabung dan mengundang teman-teman anda)
LANGKAH 2
Ikuti program-program afiliasi kami, yang penjelasan selengkapnya bisa lihat pada RECENT NEWS dibawah, dan selanjutnya lakukanlah proses registrasi, step by step.
Setelah proses pendaftaran selesai, anda akan memperoleh link afiliasi sendiri, yang berarti anda siap membangun jaringan anda sendiri.
LANGKAH 3
Buatlah group anda sendiri di FaceBook untuk memasarkan link afiliasi anda. Undanglah seluruh teman-teman anda untuk bergabung. Dan pembuatan group di FaceBook tidak dikenakan biaya se-senpun alias gratis.
LANGKAH 4
Seluruh teman anda yang bergabung secara otomatis akan ikut memasarkan link afiliasi anda, dan masuk dalam jaringan anda, yang berarti anda akan ikut menerima komisi dari jaringan telah anda bentuk.
LANGKAH 5
Anda dapat mempromosikan link-link afiliasi anda di website ataupun blog anda bilamana anda ingin memperluas pasar dan mengembangkan komisi yang lebih besar lagi.
LANGKAH 6
Jalani program ini dengan tekun dan konsekwen, karena ini bukanlah program kaya mendadak melainkan harus dirintis dari bawah dengan tekun. Lalu bersiaplah untuk menerima aliran komisi yang mengalir secara otomatis terus menerus selama 24 Jam. Dan jumlah komisi yang anda terima akan terus meningkat dari hari ke kehari, tanpa perlu repot mempromosikan lewat e-mail ataupun mailing-list yang berpotensi spam.
Dan besar komisi yang akan anda terima bervariasi pada setiap program afiliasi yang anda ikuti, mulai dari Rp. 30,- s/d $2 per-member yang ikut dibawah afiliasi anda, dan itu belum termasuk komisi jaringan matrix yg telah anda bangun.
LANGKAH 7
Kunjungi group ini sekali-kali untuk memperoleh info bisnis afiliasi gratisan lainnya, dan info-info terbaru lainnya. Agar bisa lebih mudah mengunjungi group ini, anda bisa mengklik "Bookmark Groups" atau "Tandai Grup" yang berada pada bar Applications/Aplikasi di bawah.
Jika sebelumnya anda memiliki link afiliasi lainnya, dengan bergabung dengan group ini dan mengundang teman-teman anda, anda memiliki akses untuk memasarkannya disini dengan mengisi Wall yang tersedia, membuat topik diskusi baru, mem-posting link afiliasi anda, berbagi video maupun photo. Dengan begitu kita bisa saling berbagi wawasan.
Semoga bermanfaat.

Siklus air



Siklus air





Pergerakan air di permukan Bumi yang dinamakan siklus air.
Siklus air atau siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfir melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.
Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut dapat berjalan secara terus menerus. Air berevaporasi, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan batu, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.
Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi dapat berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh yang kemudian diintersepsi oleh tanaman sebelum mencapai tanah. Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak secara kontinu dalam tiga cara yang berbeda:
• Evaporasi / transpirasi - Air yang ada di laut, di daratan, di sungai, di tanaman, dsb. kemudian akan menguap ke angkasa (atmosfer) dan kemudian akan menjadi awan. Pada keadaan jenuh uap air (awan) itu akan menjadi bintik-bintik air yang selanjutnya akan turun (precipitation) dalam bentuk hujan, salju, es.
• Infiltrasi / Perkolasi ke dalam tanah - Air bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah. Air dapat bergerak akibat aksi kapiler atau air dapat bergerak secara vertikal atau horizontal dibawah permukaan tanah hingga air tersebut memasuki kembali sistem air permukaan.
• Air Permukaan - Air bergerak diatas permukaan tanah dekat dengan aliran utama dan danau; makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Aliran permukaan tanah dapat dilihat biasanya pada daerah urban. Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar daerah aliran sungai menuju laut.
Air permukaan, baik yang mengalir maupun yang tergenang (danau, waduk, rawa), dan sebagian air bawah permukaan akan terkumpul dan mengalir membentuk sungai dan berakhir ke laut. Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam komponen-komponen siklus hidrologi yang membentuk sistem Daerah Aliran Sungai (DAS).Jumlah air di bumi secara keseluruhan relatif tetap, yang berubah adalah wujud dan tempatnya.




Pencemaran air



Pencemaran air

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.
Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran.
Penyebab
Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
• Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
• Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
• Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.



Penanggulangan terhadap Terjadinya Pencemaran Air dan Pengolahan Limbah
Penanggulangan terjadinya pencemaran air
Untuk mencegah agar tidak terjadi pencemaran air, dalam aktivitas kita dalam memenuhi kebutuhan hidup hendaknya tidak menambah terjadinya bahan pencemar antara lain tidak membuang sampah rumah tangga, sampah rumah sakit, sampah/limbah industri secara sembarangan, tidak membuang ke dalam air sungai, danau ataupun ke dalam selokan. Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan, karena sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air di lingkungan tanah pertanian. Tidak menggunakan deterjen fosfat, karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.
Pencemaran air yang telah terjadi secara alami misalnya adanya jumlah logam-logam berat yang masuk dan menumpuk dalam tubuh manusia, logam berat ini dapat meracuni organ tubuh melalui pencernaan karena tubuh memakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung logam berat meskipun diperlukan dalam jumlah kecil. Penumpukan logam-logam berat ini terjadi dalam tumbuh-tumbuhan karena terkontaminasi oleh limbah industri. Untuk menanggulangi agar tidak terjadi penumpukan logam-logam berat, maka limbah industri hendaknya dilakukan pengolahan sebelum dibuang ke lingkungan.
Proses pencegahan terjadinya pencemaran lebih baik daripada proses penanggulangan terhadap pencemaran yang telah terjadi.
Pengolahan limbah
Limbah industri sebelum dibuang ke tempat pembuangan, dialirkan ke sungai atau selokan hendaknya dikumpulkan di suatu tempat yang disediakan, kemudian diolah, agar bila terpaksa harus dibuang ke sungai tidak menyebabkan terjadinya pencemaran air. Bahkan kalau dapat setelah diolah tidak dibuang ke sungai melainkan dapat digunakan lagi untuk keperluan industri sendiri.
Sampah padat dari rumah tangga berupa plastik atau serat sintetis yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme dipisahkan, kemudian diolah menjadi bahan lain yang berguna, misalnya dapat diolah menjadi keset. Sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme dikubur dalam lubang tanah, kemudian kalau sudah membusuk dapat digunakan sebagai pupuk.