Info Si Karet Bundar
Jika Anda pemilik kendaraan, entah itu kendaraan roda dua, tiga, empat
ataupun lebih dari empat, info Roda pada Senin (24/03) tentu bemanfaat.
Sebab info seputar Si Karet Bundar yang lazim dikenal dengan nama Ban,
dikupas habis. Ada beberapa tips yang hadir mengenai cara untuk merawat Ban
agar
tetap nyaman dan juga tahan lama. Tips tersebut adalah :
1. Ukuran ban dan corak telapak ban harus sesuai. Minimal pada satu as memiliki merek serta
ciri khas yang sama.
2. Gunakanlah Ban dengan kontruksi yang sama (misal : dari bahan Polyester atau baja).
3. Ban Tubles harus dipasang pada pelek yang khusus untuk ban tubles. Begitu pula
sebaliknya. Karena jenis ban yang menggunakan ban dalam tetapi menggunakan pelek
tubeles, akan mengakibatkan berkurangnya tekanan angin. Sementara apabila Anda
memilih untuk menggunakan ban jenis tubles, jangan memaksa untuk menggunakan ban
dalam. Sebab pada kecepatan tinggi panas udara dalam ban akan cepat naik dan efeknya
Si karet bundar setiap saat mudah meledak.
4. Pemasangan ban dalam harus disesuaikan dengan jenisnya dengan ban luar. Dan apabila
memungkinkan gunakan ban dalam yang semerek dengan ban luar.
5. Perhatikan pula kondisi Ban yang Anda gunakan pada kendaraan Anda.
Caranya untuk dapat mengenali kondisi si Karet bundar begitu mudah. Kenali Si Karet
Bundar dengan melihat petunjuk TWI (Thread Wear Indocator). Jadikan angka ukuran
pada TWI sebagai patokan. Sesudahnya, coba Anda ukur dengan penggaris ketebalan
alur ban dari dasar alur. Jika kurang dari 2 mm sebaiknya Anda segera ganti ban
Anda dengan yang baru.
Tips diatas, tentunya bermanfaat bagi Anda. Namun tentu ada diantara Anda yang
kurang begitu memahami karakteristik ban yang di jual di pasaran. Amat mudah
untuk mengenali jenis ban yang Anda gunakan. Coba Anda perhatikan sisi ban. Pada setiap jenis
ban akan tertulis sejumlah angkat atau huruf yang sebenarnya telah menjelaskan secara mendetil
karakteristik ban. Misalnya, pada sebuah ban tertulis 195/65R15 92H.
Apa yang tertera di samping ban dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Angka 195 merupakan petunjuk lebar penampang ban. Semakin besar ukuran
penampang ban, semakin besar pula telapak ban.
2. Angka 65 R merupakan petunjuk mengenai ketinggian ban diukur mulai dari
pelek hingga penampang ban yang menempel pada jalan. Semakin besar
angkanya maka semakin tebal pula dinding ban jika dilihat dari samping luar
(jika diukur dari pelek).
3. Angka 92 H menunjukkan kecepatan minimum dan juga maksimum ban.
Semakin besar tingkatakn angka yang ditunjukan maka semakin besar pula
kekuatan ban terhadap kecepatan tertentu.
Untuk angka terakhir yang disebutkan ada sedikit penjelasannya. Dalam dunia Si Karet Bundar,
pihak produsen biasa mencantumkan kode standarisasi kecepatan ban. Ada beberapa klasifikasi
kecepatan yang dicantumkan pada setiap jenis ban, klasifikasi tersebut adalah :
1. TR Ban jenis ini mampu digunakan untuk kecepatan kendaraan sekitar 100 Km/jam.
2. HR Ban jenis ini mampu digunakan untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan 210
Km/jam.
3. VR Ban jenis ini dapat digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada kecepatan 260
km/jam
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
4. ZR kode tersebut menunjukkan bahwa ban jenis ini mampu digunakan pada kendaraan
yang mampu melaju pada keceparan 340 km/jam.
Mana kode ban yang kiranya sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda miliki, silakan Anda
sesuaikan. Hanya saja, Anda perhatikan pula perawatan ban yang Anda gunakan seperti apa yang
dituliskan diatas. Sebab salah-salah ban yang Anda gunakan justru menjadi bumerang dan
berakibat kurang baik.Sebagai infomasi tambahan, bagi Anda yang suka bepergian tak ada
salahnya jika Si Karet Bundar diberi sedikit cairan penambal.
Dengan cairan tersebut, maka dijamin Si Karet Bundar akan aman-aman saja.
Sebab fungsi cairan penambal tersebut yakni merekatkan kembali bagian ban yang
tertusuk benda tajam. Bahkan adad sejumlah bengkel mengatakan bahwa untuk
jenis paku dengan panjang 10 mm yang menusuk pada ban dapat tertahan. Oh ya,
jika Anda merasa takut cairan tersebut akan merusak bagian dalam ban, Anda tak
perlu khawatir.
Justru cairan tersebut melindungi bagian dalam ban sekaligus melindugi pelek
Anda dari goresan. Cara membersihkannya pun terbilang mudah, Anda tinggal semprotkan air pada
bagian dalam ban, ataupun mengelap bagian dalam pelek dengan lap kering. Mudah bukan ? Nah
informasi yang dikupas habis mengenai dunia seputar Si Karet Bundar diatas kami harap dapat
bermanfaat bagi Anda. Karena maklum, dalam kondisi yang kurang menentu seperti sekarang tips
dan trik berguna jenis apapun pastinya ingin Anda dapatkan. Terutama bagaimana caranya untuk
dapat mempetahankan keawetan ban. Bukan begitu bukan ?...
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Perawatan Pintu Mobil
Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin
keamanan & kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian
pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.
Akibatnya
Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat
mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat
dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa
macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka
pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.
Hal Yang Dilakukan
Tips perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :
1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan
pelumas semprotan.
2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan
pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil
pin.
3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'power
window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang
menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun
dan setelah kering bersihkan dengan lap.
4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang
menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai
regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut
pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali
baut pengimbangnya.
7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya,
lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan
memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci.
Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa
pasang sakelar kembali.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Kendaraan Konstan, Hemat BBM
Anda mungkin sering melihat pengemudi yang kerap memacu kendaraannya
dalam kecepatan tinggi, tentunya dengan alasan agar cepat sampai ke tempat
tujuan? Namun tahukah Anda bahwa kendaraan yang dipacu dalam kecepatan
diatas rata- rata dapat menguras bahan bakar mobil lebih cepat dari
seharusnya, belum lagi resiko kecelakaan yang harus
ditanggung? Untuk mengatasi resiko boros bensin, tim
RODA memberikan beberapa tips yang mungkin
bermanfaat bagi Anda.
Langkah pertama (ini yang cukup sulit, terutama bagi Anda yang memiliki jiwa
pembalap) adalah menjaga supaya laju kendaraan tetap konstan. Setiap kali
hendak pindah gigi, usahakan supaya kisaran RPM mobil berada pada angka
3000-4000 (untuk kendaraan bensin) dan 2500-3500 (untuk yang berbahan bakar solar). Dengan
begitu, bensin/solar yang digunakan sebagai sumber daya tenaga utama untuk menjalankan
kendaraan juga ’dibakar’ dengan jumlah konstan.
Untuk jalanan menanjak, kecepatan dan hal diatas yang terutama harus diperhatikan. Sementara
untuk jalan menurun, pengereman/penggunaan rem juga harus konstan dalam menjaga laju
kendaraan. Rem yang diinjak harus seimbang, dan jaga supaya RPM tidak
melebihi batas yang ditentukan (salah satu caranya adalah dengan
memindahkan persneling). Selain itu, mainkan gigi mobil Anda supaya kecepatan
dan laju RPM konstan.
Langkah terakhir adalah dalam membuka kaca mobil. Sering
kali dalam perjalanan jauh atau dekat (terutama bila mobil
tidak dilengkapi oleh peralatan pendingin), kita membuka
jendela mobil supaya udara sejuk mengalir masuk. Namun jangan salah,
seandainya harus dibuka, usahakan supaya jangan hanya satu melainkan
kedua sisi (kiri dan kanan) jendela yang dibuka. Sebab seandainya Anda hanya
membuka satu sisi saja, maka sirkulasi udara hanya akan berjalan satu arah
(masuk) dan dengan sendirinya akan menghambat kecepatan laju kendaraan.
Otomatis, bahan bakar akan lebih banyak dikuras.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Berkendara Aman dari Tangan Jahil
Situasi Jakarta yang semakin tidak aman membuat para pengemudi harus
ekstra hati- hati saat berkendara. Sebab, tidak jarang terjadi aksi penodongan
atau perampasan yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab
terhadap para pengendara yang lengah, dan hebatnya kerap dilakukan di
tempat- tempat ramai. Oleh karena itu, ada baikny Anda yang sering
berkendara saat menuju ke suatu tempat memperhatikan tips- tips berikut,
yang sebenarnya sangat sederhana.
Sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir,pastikan pintu mobil terkunci semua dan jendela
rapat. Kesalahan ini yang sering dilakukan seseorang saat parkir di sebuah tempat, akibatnya
ketika kembali mobilnya telah raib dan ia hanya biia menyesali nasib. Jangan lupa, meski telah
dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.
Hal kedua adalah jangan pernah membuka kaca mobil kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang.
Memang, suasana yang panas ditambah AC mobil yang kerap mati (atau bahkan tidak dilengkapi
oleh perangkat pendingin udara) membuat seseorang kerap membuka kaca untuk mendapat udara
segar. Sebisa mungkin hindari hal ini, sebab kaca mobil yang terbuka kerap mendorong orang yang
berniat jahat untuk melakukan penodongan. Seandainya tertutup, belum tentu ia berani
melakukannya.
Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil sat keluar, ataupun menaruh barang tersebut
di tempat- tempat yang bisa terlihat dari luar mobil. Hal ini harus diperhatikan terutama untuk
kalangan ibu-ibu, yang kerap menaruh HP atau tas berisi uang di atas jok ataupun dashboard. Hal
ini termasuk penggunaan HP saat berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah. Selain
dapat membahayakan pengendara lainnya (terutama saat melaju), HP adalah barang yang paling
menarik bagi penodong untuk melancarkan aksinya.
Yang terakhir, jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa
digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang,
kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna untuk membela diri Anda
seandainya suatu saat Anda terpaksa harus mempertahankan diri dari
penodong.
Saat berhenti di perempatan yang sering kali rawan, usahakan untuk menjaga
jarak dengan kendaraan depan. Dengan demikian, saat dikepung oleh
penjahat, Anda tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang,
jangan pernah berhenti di tempat sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan
Anda sendiri.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Membersihkan Noda Jok Mobil
Anak adalah buah hati orang tuanya, dan mereka kerap kali dibawa kemanapun
sang ibu pergi (terutama bila berkendaraan). Bepergian tersebut juga
memerlukan persiapan khusus, diantaranya adalah membawa bekal untuk
makan/minum anak, atau pakaian ganti. Untuk balita, satu benda yang tidak
pernah tertinggal adalah botol susu/minuman. Nah, minum susu dalam
perjalanan ini yang kerap menjadi bencana kecil, karena kondisi jalan atau hal
lain, susu sering kali tumpah di atas jok mobil Anda.
Kejadian ini sering kali tidak diambil pusing, namun jangan salah. Mendiamkan noda
susu atau minuman (kecuali air putih) hingga merembes ke dalam jok hanya akan
membuat bau asam atau tidak sedap tercium. Ini dapat menimbulkan jamur dan
menarik perhatian hewan-hewan menjijikkan seperti kecoa masuk ke dalam mobil.
Belum lagi, noda tersebut akan membuat kusam. Untuk mengatasinya, ada kiat-kiat
tertentu yang bisa dilakukan, tentunya dengan meluangkan sedikit waktu Anda.
Ada beberapa alat yang dapat digunakan dan dapat diperoleh
dari sekitar rumah, yaitu sikat besar, sikat gigi, kain serbet, kain putih, sprayer,
air berisi sabun deterjen, dan terakhir vacuum-cleaner. Kemudian perhatikan
tipe jok mobil Anda, ada dua bahan : kulit dan kain, yang masing-masing
memerlukan penanganan berbeda.
Untuk jok kain, yang perlu dicermati adalah sifatnya yang cepat menyerap
air/merembes, sehingga perlu penanganan yang cepat. Sementara untuk yang
jenis kulit akan lebih mudah, mengingat sifatnya yang lambat menyerap air. Selain itu, sebagai
pencegahan kejadian serupa terulang di kemudian hari, ada baiknya bila jok dilapisi oleh cover
setiap kali mengajak buah hati.
Tips
membersikan jok mobil dari noda susu :
1. Bersihkan jok denga mesin penyedot debu.
2. Seprotkan dterjen ke jok mobil.
3. Sikat jok mobil sampai noda hilang.
4. Keringkan dengan menggunakan penyedot debu.
5. Semprotkan pengharum mobil.
6. Gunakan penutup jok untuk menghindari jok mobil dari noda.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?
Sulit di- starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri
bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali
tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah
satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi
di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat
penting). Untuk itu, simak tips- tips berikut ini.
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional
ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda
telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara
manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada
di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di- starter,
pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem
kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem
pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang
lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perluke bengkel
karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada
indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki
bagus/rusak, atau air aki kosong.
Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena
platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah
kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi
dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai,
pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu
memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai
dan harus diganti.
Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang
telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring
sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk
dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi
permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di- starter
adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator
(dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut
filter- nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat
pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak
dinding saringan udara.
Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak,
bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau
platina Anda.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Mobil Terpelihara Meski Jarang Dipakai
Mungkin Anda adalah salah satu dari orang yang sangat sibuk, tugas memaksa
untuk kerap bepergian ke luar kota atau negeri dalam jangka waktu lama. Bila
Anda memiliki mobil pribadi, hal ini harus diperhatikan supaya saat kembali
nanti, kendaraan tidak dalam kondisi terlantar atau mengenaskan. Langkah
pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil sebelum ditinggalkan.
Kemudian, ikuti tips- tips berikut.
1. Posisi rem tangan dibebaskan
Kalau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan
terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang
memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, ada baiknya kunci mobil Anda
biarkan tergantung di kemudi kendaraan Anda. Bila rumah Anda mempunyai pembantu, hal
ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan
tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat
terbuka.
2. Ganjal wiper dengan busa/kayu
Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan
akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang
biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan
untuk membasuh kaca depan mobil Anda.
3. Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak
menempel lantai
Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack.
Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani
oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama
biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa
tidak nyaman.
4. Lepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu
Kenapa? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak
dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih (terutama bila di rumah yang
Anda tinggalkan tidak ada pembantu), hal itu akan berpengaruh ke akinya, yang bisa lebih
cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang setiap hari dipakai.
5. Bila tempat parkir miring, ganjal empat ban anda dengan balok
Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Di tips pertama
disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal
cukup lama, namun bagaiman bila permukaannya miring? Caranya mudah, cukup ganjal
keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya supaya mobil tidak berubah posisi.
6. Taruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover
Pengharum berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin
timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama.
Selain itu, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga
memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil
melalui celah-celah, suatu hal yang tentunya tidak diinginkan
oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli
penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Penggunaan Pernis Supaya Mobil Kinclong
Punya mobil yang kusam? Sekarang Anda tidak usah minder karena sekarang
ini telah banyak tersedia jasa bengkel yang dapat meningkatkan prestise mobil
yang dimiliki dengan pengecatan ulang tanpa biaya yang terlalu mahal.
Dari beberapa cara yang ditempuh, satu yang paling lazim digunakan adalah
satu body. Sebenarnya hal itu tidak perlu, sebab selain biayanya cukup mahal,
juga makan waktu lama. Kini ada solusi yang lebih mudah, cepat dan simpel
untuk memuluskan body, yaitu dengan menggunakan pernis sebagai pelapis.
Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, namun hasilnya sama. Untuk menambah pengetahuan
Anda (sekaligus menghindari tipuan yang biasa dilakukan oleh oknum bengkel yang tidak
bertanggung jawab), berikut langkah-langkahnya.
Langkah pertama adalah menutupi bagian roda dengan koran atau bahan
lainnya supaya cat tidak mengenai bagian ini. Selain itu, tutup juga bagianbagian
lainnya seperti kaca depan dan belakang, spion, atau karet pintu. Bila
ternyata mobil Anda dalam kondisi kusam, maka bagian tersebut harus
diamplas lagi dengan amplas kasar. Tujuannya adalah supaya cat lama
terkikis dan warna asli hampir tidak lagi menempel di badan mobil.
Setelah itu gunakan pengecatan dengan warna pernis
pernis khusus yang bertujuan untuk menampilkan kilap
mobil. Untuk mengeringkannya mobil dimasukkan ke oven dengan suhu sekitar
80 derajat selama kurang-lebih 30 menit. Tujuan penggunaan oven ini adalah
karena tempatnya steril, dan panasnya ideal untuk mengeringkan body mobil
yang baru dicat. Setelah selesai, tugas masih berlanjut dengan membiarkan cat
mobil mengering dan menyatu dengan badan mobil. Jangan salah, meski
nampak sudah kering, itu hanya bagian luarnya saja, untuk lapisan dalam
butuh waktu kira- kira satu hari.
Setelah cat di badan mobil kering sepenuhnya, gunakan amplas halus untuk mengikir butiranbutiran
cat yang (mungkin) mengeras dan membentuk benjolan- benjolan kecil. Setelah itu, barulah
langkah terakhir dilakukan yaitu melakukan pemolesan.
Dengan sisem ini, tanpa pengecatan satu body mobil, kendaraan Anda tetap tampil keren. Boleh
dicoba....
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Membeli dan Memperbaiki Mobil Bekas
Sekarang ini membeli mobil bekas perlu memperhatikan banyak segi. Jangan
sampai Anda ditipu membeli mobil yang ternyata bekas tabrakan atau memiliki
kekurangan-kekurangan lainnya. Yang pertama harus diperiksa adalah kondisi
body mobil, caranya dengan melihat sudut-sudut terutama bagian kap mesin,
bagasi belakang, dan tiang penyangga pintu.
Mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan memiliki bentuk lipatan
sempurna, sebab sehebat-hebatnya montir yang memperbaiki, sulit untuk bisa
menyamai bentuk orisinilnya. Sementara untuk memeriksa apakah warna mobil tersebut masih asli,
tinggal lihat bagian pinggir karet pintu atau kaca. Jangan lupa juga untuk meneliti kelengkapan
surat-surat, supaya kelak tidak menemukan masalah dengan aparat hukum.
Bila sudah mendapat mobil bekas yang Anda inginkan, kini langkah
selanjutnya adalah mempercantik kendaraan tersebut supaya tidak kalah
dengan yang baru. Caranya? Bawa saja ke salon-salon mobil terdekat, atau
simak tips berikut ini.
Salah satu penyakit mobil lama (kecuali pemilik sebelumnya telaten) adalah
bagian dalam mobil yang kotor. Untuk membersihkannya, terutama bagian
jok dan karpet, gunakan vacuum- cleaner. Untuk bahan yang terbuat dari
kulit, gunakan shampoo bayi yang lembut, kemudian bersihkan secara
perlahan jok tersebut dengan menggunakan spons dan air hangat.
Untuk bagian karpet, Anda harus cermati apakah bagian tersebut lembab atau
tidak. Bila jawabannya YA, berarti bagian tersebut harus dibongkar untuk
diperiksa peredamnya. Untuk bahan yang terbuat dari wol, seandainya basah
maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Bila tidak, tinggal jemur
sampai kering.
Pada bagian plafon, gunakan semprotan yang dijual khusus untuk mengangkat
noda yang menempel, kemudian dilap dengan bersih. Lakukan proses ini beberapa kali supaya
mendapat hasil yang maksimal.
Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian body
mobil. Untuk bagian sela-sela pintu, gunakan sikat
pembersih untuk mengangkat kotoran yang menempel.
Bila ingin bagian dashboard mengkilap, gunakan semir dari
bahan khusus yang tidak lengket dan dapat membuatnya
terlihat seperti baru lagi. Gunakan bubuk yang biasa
digunakan salon mobil khusus untuk membersihkan kaca
mobil untuk mendapat hasil sempurna. Taktik yang sama bisa digunakan untuk
membersihkan blok mesin mobil supaya terlihat seperti baru. Gunakan sabun atau pembersih
khusus, bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan semir untuk bagian ini yang dijual di tokotoko.
Yang sedikit sulit adalah memoles bagian body luar mobil supaya mengkilap. Selain harus
menggunakan shampoo khusus mobil, Anda juga perlu mempunyai alat pembersih yang kini sudah
dijual bebas di toko-toko. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi, bukankah untuk mendapat hasil
maksimal perlu sedikit pengorbanan. Siapa tahu, kelak malah Anda yang membuka salon mobil
sendiri...
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Tips Menghadapi Over Heat
Saat asyik berkendaraan terkadang mobil sukar diajak kompromi. Terlebih jika
masalahnya ternyata terletak pada mesin yang "over heat". Dua dintara
penyebab over heat yakni radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin
yang tidak bekerja optimal/ rusak. Untuk kendala kedua yang disebutkan ada
satu tips yang dapat Anda lakukan. Minimal mobil Anda dapat bergerak hingga
mencapai bengkel terdekat.
Tips :
1. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
2. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor
mesin.
3. Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel
ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
4. Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.
Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan
sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat
bergerak menuju bengkel terdekat, Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam
perjalanan.
Apa yang dituliskan diatas merupakan tips yang digunakan bagi kendaraan yang menggunakan
sistem pendingin elektromotor. Dan tentu saja hal itu dapat dilakukan apabila elektormotor tidak
berfungsi dengan baik.
Sementara apabila overheat terjadi akibat radiator yang bekerja kurang optimal. Jangan terburuburu
untuk membuka tutup radiator. Matikan sejenak mesin kendaraan anda dan biarkan radiator
dingin. Setelah dingin, baru buka tutup radiator dan masukkan cairan pendingin ataupun air
secukupnya. Sambil mengisi air kedalam radiator, upayakan agar mesin dalam keadaan hidup.
Selamat mencoba !!
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Merawat Cakram Rem Mobil
Rem adalah salah satu bagian paling vital dalam pengoperasian kendaraan
Anda (mobil misalnya). Keberadaan rem sangat penting untuk memberikan
rasa aman saat penggunaan mobil, namun berfungsinya peranti satu itu sangat
tergantung dengan bagaimana cara kita merawatnya. Kalau perawatan
diabaikan, hampir pasti fungsinya juga tidak optimal.Ujung-ujungnya,
keselamatan kita (dan orang lain) saat berkendara terancam.
Untuk menjaga supaya rem tetap pakem tidak sulit,
asalkan kita tahu bagaimana kiat-kiatnya. Pertama yang harus diperhatikan
adalah bagian disc break dan tromol, dan memeriksa kualitas minyak rem,
saluran rem, dan kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, biasanya harus
diganti atau dibersihkan setelah mobil menempuh 10.000 km. Perhatikan
bagian ini dengan seksama supaya tidak kosong, dan perhatikan perbandingan
antara bagian depan dan belakang (2:1). Bagian depan mendapat porsi lebih
besar sebab paling sering digunakan saat mobil direm.
Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi
baik atau tidak. Caranya, lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc
break dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila
kampas rem kotor, gunakan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya.
Semakin bersih kampas rem, semakin bagus dan kuat fungsinya. Berikan
gemuk/pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak
terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.
Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah
perawatan yang teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usahakan supaya minyak
diganti setiap mencapai 10.000 km, sedangkan untuk kampas biasanya antara 20-25.000 km
(otomatis) dan 40.000 km (manual). Jangan lupa untuk mengecek kondisi minyak rem setiap dua
minggu sekali.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Tips Perbaiki AC
AC dalam sebuah kendaraan roda empat, lambat laun menjadi sebuah
kebutuhan. Dan fungsinya pun sudah tidak bisa dikompromikan lagi.
karenanya jika AC mobil tak berfungsi dengan baik terkadang awak
kendaraan jadi serba salah. Bila kaca dibuka debu dan asap kendaraan
masuk. Sementara jika ditutup, maka rasa pengap akan menyerang.
Nah untuk mengatasi kendala yang disebutkan, ada tips singkat yang kiranya
dapat dilakukan sebagai alternatif sebelum memeriksakan kendaraan
Anda pada tangan ahlinya. Sebelumnya mungkin ada sejumlah gangguan yang dapat timbul hingga
fungsi AC tidak dapat bekerja secara optimal. Gangguan pada AC biasanya dikarenakan saluran
buang evaporator tersumbat dan penyebabnya sendiri yakni :
Saluran karet terimpit atau melintir.
Air buangan akan berbalik naik, ketika saluran penuh air akan meluap dan saluran lepas
dari outlet meski telah dilengkapi klem.
Tersumpal kotoran.
Saluran buang bisa tersumpal lumpur karena ujung saluran ini berada di kolong mobil.
Saluran itu lepas dari pipa outlet evaporator.
Nah untuk mengatasinya adalah sbb :
1. Siapkan obeng kembang (+), lalu buka pilar penutup utama kanan dan kiri yang biasanya
berwarna senada dengan interior.
2. Buka penutup AC kanan dan kiri dengan obeng. Lalu lepas penutup sakelar AC dengan
membuka 2 buah sekrup. Kemudian lepas 8 sekrup pemegang dan 4 penutup saluran
masuk serta saluran buang blower.
3. Buka 13 sekrup tutup blower bagian bawah, lakukan hal ini dengan teliti dan jangan
dipaksa saat mencabutnya.
4. Periksa dan bersihkan tutup itu dengan lap kering. Amati slang yang terjepit, melintir atau
lepas, lalu perbaiki posisinya hingga tak lagi terjadi gangguan.
5. Pastikan kompresor ujung slang bersih dari kotoran. Kemuaidna rangkai kembali semua
komponen dengan teliti.
Nah mudah bukan...? Selamat mencoba
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Membersihkan Jamur dari Kaca Mobil
Kaca mobil adalah salah satu bagian kendaraan yang sangat penting, karena
bisa menjaga kita agar terhindar dari sinar ultra violet atau air hujan yang
kerap muncul pada saat tidak terduga. Tak heran bila bagian ini nyaris selalu
terlihat kotor, namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Kaca yang terlalu lama tidak
dibersihkan akan menjadi kusam dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.
Untuk menghindarinya, bersihkan kaca mobil Anda
dengan teratur dalam jangka waktu tertentu (kalau perlu
setiap hari di musim hujan). Untuk melakukannya tidak perlu ke salon
kecantikan mobil, sebab hanya butuh benda-benda sederhana yang bisa
diperoleh dari dalam rumah seperti sabun mandi cair dan spons pembersih.
Berikut adalah kiat- kiat jitu membersihkan kaca supaya terhindar dari jamur.
Langkah pertama adalah membasuh bagian permukaan kaca yang terkena
noda/kotoran dengan air bersih. Untuk melakukannya, gunakan lap yang tidak berserat sebab
permukaan kasar pada lap berserat bisa membuat kaca Anda yang tadinya mulus jadi tergores dan
meninggalkan bekas. Berikan sabun (biasanya sabun cair yang telah dicampur dengan air) ke
permukaan kaca, kemudian lap sampai busa merata.
Untuk membilasnya, siram air ke permukaan kemudian disusul oleh
pengeringan dengan menggunakan lap. Untuk fase ini, usahakan supaya lap
tidak basah. Dengan demikian, kaca jadi bebas dari noda dan karat. Sebagai
langkah perawatan, hindari memarkir mobil dalam keadaan terjemur langsung
oleh terik matahari karena bisa mempercepat proses timbulnya jamur.
Kemudian, setiap habis bepergian, jangan lupa bersihkan mobil dengan
menggunakan lap atau kemoceng. Dan terakhir, jangan lupa untuk
membersihkan kaca mobil minimal dua minggu sekali (tentunya selain dicuci).
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
Tips Mengatasi Mobil Mogok
Sebagai seorang yang mengemudikan mobil, pastinya Anda pernah merasakan
salah satu kejadian paling tidak mengenakkan yang pernah dialami seorang
pengemudi mobil yaitu mogok. Kejadian tersebut pastinya sangat
menyebalkan, terutama bila Anda sedang diburu waktu untuk bisa segera
sampai di suatu tempat. Ditambah kenyataan bahwa Anda kurang paham
mengenai seluk-beluk mesin, komplit sudah penderitaan.
Untuk mengatasinya (terutama bagi Anda yang tidak
mengerti mesin mobil), ada tips-tips singkat yang mungkin bisa dilaksanakan.
Siapa tahu, dengan pengetahuan baru ini, kerusakan yang dialami mobil tidak
parah dan masih bisa diakali supaya bisa jalan sampai ke bengkel terdekat.
Lagipula, Anda tentunya tidak ingin mobil kesayangan (atau mungkin satusatunya)
ditaruh di sebuah tempat yang asing bukan? Berikut kiat-kiatnya
1. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
2. Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada
power/percikan listrik atau tidak.
3. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
4. Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil
siap jalan.
5. Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol,
masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau
bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
6. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor.
Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel
langganan supaya mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki.
HeHeader
Persembahan Indosiar.com
seluruh tips yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar
.
0 komentar
Posting Komentar